9 Asal Debu di Rumah, No. 5 Ternyata Fakta dan Terbukti!


 

Semua orang ingin rumahnya tampak bersih selalu. Sayangnya keinginan tersebut tidak diimbangi dengan rutin membersihkannya sehingga masih ada debu yang hinggap di beberapa sudut rumah. Tapi pernahkah Anda betanya-tanya dari mana asal debu di rumah?

Ternyata asal muasal debu tersebut bisa datang dari tempat dan benda yang tidak terduga sebelumnya. Maka dari itu perhatikanlah hal-hal yang berikut ini agar memperhatikan kebersihannya agar debu tidak berterbangan di dalam rumah. Kejadian itu akan membuat gangguan kesehatan yang menimpa seluruh anggota keluarga.

Ketahui dan berhati-hatilah dengan asal debu yang berikut ini.

1. Asal Debu di Rumah Dari Lingkungan Luar

Asal debu di rumah bisa terbawa dari lingkungan di luar yaitu jalanan. Meskipun jalanan sudah teraspal dan memakai beton namun hal itu tidak membuat debu semakin berkurang.

Baik aspal maupun beton dapat terkikis saat terkena sinar matahari, hujan, dan lalu lalang kendaraan bermotor. Pengikisan itu membuat materialnya membentuk butiran-butiran yang berterbangan di udara.

Bagi yang rumahnya dekat dengan jalan raya, debu-debu tersebut bisa masuk ke rumah melalui angin yang masuk jendela dan pintu. Langkah yang bisa Anda lakukan dalam hal ini adalah membersihkannya sesering mungkin. Hal itu berguna untuk mengurangi penumpukan debu yang menyebabkan gangguan kesehatan.

2. Serat di Pakaian, Sprei, Karpet

Pakaian yang kerap dipakai akan melepaskan serat. Hal itu pun juga berlaku pada serat di sprei. Serat-serat tersebut kemudian berkumpulan dan menjadikan debu yang ada di rumah.

Serat kedua benda tersebuut tak lepas dari materalnya yang mengandung banyak serat. Pakaian  Terbuat wol, katun, poliester, nilon dan akrilik. Sementara sprei umumnya terbuat dari bahan katun, linen atau kain poliester.

Jika Anda menggunakan karpet maka benda itu juga termasuk asal debu di rumah. Hal itu karena karpet terbuat dari bahan tekstilyang mengandung banyak serat seperti wol atau nilon.

4. Sisa Makanan Kering

Siapa sangka ternyata makanan kering juga termasuk salah satu asal debu di rumah. Makanan ringan beraneka rasa ini akan menjadi debu saat terinjak dan hacur sehingga menjadi partikel-partikel yang sangat kecil.

Partikel tersebut yang kemudian terbawa oleh udara. Setelah itu akan berterbangan di udara dalam rumah dan menjadi debu.

5. Hewan

Waspadalah jika memiliki hewan peliharaan yang berada di rumah. Bulu dari hewan-hewan tersebut rawan rontok yang berterbangan di bawa udara.

Hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir ini adalah dengan melakukan perawatan yang rutin terhadap hewan peliharaan. Berikanlah sabun dan nutrisi lainnya agar bulunya tidak mudah rontok.

6. Manusia

Manusia juga dipercaya menjadi penyumbang debu di rumah. Bukan dari aktivitasnya, tapi dari aktivitas biologi yang wajar terjadi di semua anggota keluarga.

Sel kulit mati diyakini sebagai asal debu di rumah yang dibawa oleh manusia. Apakah informasi tersebut benar adanya? Simaklah bacaan ini sampai selesai.

7. Serangga

Serangga yang mati akan mengering dan tubuh-tubuh kecilnya akan memisahkan diri. Pemisahan tersebut yang membuat bagian-bagian hewan itu menjadi debu dan kotoran di rumah.

Bukan hanya saat jadi bangkai, serangga kecil pun juga bisa menjadi asal debu di rumah. Biasanya serangga-serangga yang dipercaya amenjadi debu di rumah adalah yang berukuran kecil misalnya kutu dan tungau.

8. Jamur

Jamur id dalam rumah biasanya hingga di rumah yang kembab. Ketika jamur menghinggapi benda di rumah maka itu akan menyebabkan pelapukan.

Benda yang berlapuk akan membuat beberapa bagian menjadi hancur layaknya pasir. Jika terkena angin maka serbuk-serbuk itu akan menjadi debu yang menyebakan gangguan kesehatan.

9. Kompor

Kompor digunakan untuk memasak, memanggang, dan lain sebagainya. Kegiatan memasak itu akan menimbulkan asap, kan? Itulah yang akan melepaskan abu di udara yang kemudian bisa menjadi partikel kecil dan menjadi debu.

Debu-debu itu akan dirasakan ketika membersihkan kompor saat dibersihkan. Debu tersebut berterbangan dan terhirup yang menyebabkan bersin-bersin.

Cara yang baik adalah dengan menutup area mulut dan hidung mengguanakan masker saat membersihkan kompor. Lakukanlah dengan rutin agar kebersihan dapur tetap terjaga dan bebeas dari tumpukan debu. Jika sudah menumpuk maka debu tersebut akan sulit untuk dibersikan.

Benarkah Debu Berasal Dari Manusia?

Dari ragam asal debu di rumah itu, ada yang menarik perhatian yaitu debu berasal dari manusia. Benarkan demikian?

Penjelasan ini sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli yang berkompeten di bidangnya. Begini penjelasannya yang masuk akal.

Debu berasal dari sebagian sel kulit mati. Sel-sel kulit mati tersebut termasuk dalam bagian kecil asal debu di rumah.

Sel kulit mati itu akan bercampur dengan kotoran-kotan lain. Menurut Pusat Arsitektur Kanada benda-benda yang bercampur pada sel kulit mati yang membentu debu adalah; serat, jamur, rambut, bahan bangunan, serbuk sari, bakteri, virus, bagian tubuh serangga, serpihan kulit, abu, jelaga, mineral dan potongan tanah.

Kabar yang sering beredar bahwa debu berasal dari manusia sebanyak 70-80%. Prsentase  tersebut ternyata tidak berlaku pada kondisi rumah tersebut.

Menurut penelitian di Midwest AS tahun 2009 menemukan sebanyak 60% debu berasal dari dalam ruangan. Prosentase tersebut didapatkan dari campuran serat organik, bahan bangunan, dan juga kulit-kulit yang mengelupas. Sementara 40% debu di rumah berasal dari kotoran yang terbawa dari luar.

Sel-sel kulit mati orang dewasa kehilangan 500 juta sel kulit mati setiap harinya. Jika dikonversikan dalam skala berat, sel kulit mati manusia telah rontok sebanyak 0,03 hingga 0,09 gram setiap harinya.

Namun seluruh sel kulit mati itu tidak semuanya menjadi debu di dalam rumah. Benda tersebut akan ikut terbuang dimana saja tempatnya misalnya kamar mandi dan terbuang di kamar mandi dan mengalir ke tempat pembuangan.

Jaga Kebersihan Rumah dari Debu Dengan Tisu

Asal debu di rumah mungkin sulit untuk dihindari. Apalagi pelepesan sel kulit mati yang sudah jadi bagian dari biologis setiap manusia.

Akan tetapi yang bisa dilakukan adalah mencegahnya agar tidak menyebabkan menjadi gangguan kesehatan. Oleh karena itu sediakanlah tisu yang tepat sesuai dengan peletakannya di beberapa ruangan dalam rumah.

Plenty dan See U  menyediakan aneka jenis tisu yang wajib disediakan dalam rumah. Gunakanlah sesuai fungsinya agar debu=debu tidak menempel di barang, makanan, hingga tubuh Anda.

Wujudkan kebersihan di rumah dengan menggunakan tisu Plenty dan See U yang tepat!

ecommerce suparma

 
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 23 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer