8 Cara Membersihkan Kandang Hewan Dengan Alat Sederhana



 

Apapun hewan peliharaan pasti punya daya tarik yang memikat Anda untuk memeliharanya. Jangan hanya memeliharanya saja, tapi jagalah kebersihan dan kesehatannya dengan melakukan cara membersihkan kandang hewan pada artikel ini.

Cara-cara ini penting untuk dilakukan agar peliharan Anda senantiasa sehat dan dijauhkan dari gangguan kesehatan. Lakukanlah langkah-langkah ini :

1. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan untuk Menerapkan Cara Membersihkan Kandang Hewan

Sebelum memulai cara membersihkan kandang hewan, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan, seperti:

1. Sekop dan ember: Sekop berguna untuk mengangkat kotoran agar terlepas dari pasirnya. Sedangkan ember berfungsi untuk tempat meletakkan kotoranyang sudah diangkat menggunakan sekop.
2. Sarung tangan: Fungsi sarung tangan untuk mengindari kontak langsung dengan kandang dan kotoran hewan. Alat ini penting digunakan apalagi jika hewan Anda sedang terkena gangguan kesehatan yangs erius.
3. Sabun khusus hewan: Sabun cuci kandang hewan berbeda dengan sabun-sabun yang digunakan oleh manusia. Benda ini mudah ditemukan di tempat jualan aksesoris hewan peliharaan
4. Sikat dan lap kain: Alat ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kandang
5. Tisukering: Untuk mengeringkan kandang setelah proses pembersihan.

2. Pindahkan Hewan Peliharaan ke Tempat Lainnya

Pindahkan hewan peliharaan Anda ke tempat yang aman dan nyaman. Cara membersihkan kandang hewan ini penting untuk menghindari hewan peliharaan stress karena adanya kebisingan dan pergerakan yang mengganggu kenyamanannya. Dengan memindahkan hewan peliharaan Anda maka kecemasannya bisa ditekan. Lakukanlah pemindahan hewan pelihaaraan yang aman dengan cara berikut ini

1. Kandang sementara: Tempat ini menyesuaikan dengan jenis hewan peliharaan. Hal yang terpenting adalah temapt-tempat tersebut membuat hewan Anda dapat beristirahat.

2.  Pindahkan Bersamaan Dengan Benda Kesayangannya: Agar menghindari stres, bawalah benda kesayangannya bersamaan dengan perpindahannya ke kandang sementara.

Kedua hal ini yang perlu dipertimbangkan  agar hewan peliharaannya Anda tidak stress dan terasa nyaman sambil menunggu "rumah" utamanya sedang dibersihkan.

3. Lepaskan Aksesoris dalam Kandang

Aksesoris yang dimaksudkan dalam kandang peliharaan umumnya adalah: mainan, tempat makan, minum, hingga tempat tidur. Langkah dalam cara membersihkan kandang hewan ini sangat penting agar Anda dapat membersihkan dengan baik hingga sisi-sisi lipatannya. Pemisahan ini adalah upaya Anda untuk merawat aksesoris yang bertujuan agar lebih awet.

Sebelum benar-benar memisahkannya, lebih baik lihatlah aksesoris tersebut dengan seksama. Jika Anda melihat beberapa aksesoris sangat kotor, maka pisahkanlah dengan aksesoris lain yang tidak dihinggapi banyak kotoran. Setelah dipisahkan kemudian bersihkan alat-alat tersebut secara terpisah.

Akan tetapi jika Anda melengkapi kandang dengan akssoris tempat tidur, maka keringkanlah dengan baik sesuai dengan prosedur dari benda tersebut. Dengan menyesuaikan prosedur maka kerusakan aksesoris tersebut.

Dengan melepaskan dan membersihkan aksesoris maka Anda  telah menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan. Hal itu karena aksesoris yang terawat baik  akan meningkatkan kebahagiaan dan kesehatanhewan peliharaan Anda dalam kandang.

4. Kosongkan Isi Kandang

Tinggalkan kandang hewan peliharaan tanpa meninggalkan apapun yang ada di dalamnya. Mengosongkan kandang berguna untuk memudahkan Anda untuk membersihkan kandang secara menyeluruh tanpa terganggu dengan adanya aksesoris-akseris kandang.

Selain lebih nyaman saat membersihkan kandang secara menyuluh, cara membersihkan kandang hewan ini adalah kesempatan Anda untuk mengevaluasi kondisi kandang secara baik. Evaluasi ini gunanya untuk menjaga kenyaman hewan peliharaan selama berada di kandangnya. Yang mana gangguan-gangguan tersebut dapat menyerang kesehatan hewan peliharannya.

Agar hasilnya maksimal setelah selesai melepaskan aksesoris dari dalam kandang dan membersihkannya, langkah berikutnya dalam proses membersihkan kandang hewan adalah mengosongkan seluruh isi kandang. Mengapa tahap ini penting? Karena dengan mengosongkan isi kandang, Anda dapat membersihkan dan membersihkan kandang secara menyeluruh tanpa ada halangan atau gangguan. Selain itu, ini juga merupakan kesempatan bagi Anda untuk mengevaluasi kondisi alas kandang dan memastikan bahwa hewan peliharaan Anda memiliki lingkungan yang bersih dan sehat untuk tinggal.

Ternyata, manfaat mengosongkan kandang saat ingin membersihkan kandang makanan ini memudahkan Anda untuk mengetahui kebiasaan peliharaan Anda. Hal itu dapat terlihat dari observasi singkat Anda dengan keadaan kandang setelah Anda mengosongi kandang ini.

5. Buang Kotoran Hewan Peliharaan dengan Sekop

Penggunaan sekop adalah hal yang efektif dan higienis untuk mengangkat kotoran. Dengan menggunakan sekop, maka kotoran-kotoran yang kecil juga akan terangkat tanpa ketinggalan.

Apapun kotoran yang dihasildan sisa-sisa lain yang ditinggalkan oleh hewan peliharaan Anda. Kotoran akan menyebabkan bau yang tidak sedap dan menarik serangga untuk hinggap di kandang tersebut. Kejadian itulah yang menyababkan kehadiran sumber penyakit yang akan memangsa hewan peliharaan Anda.

Saat Anda melakukan cara membersihkan kandang hewan ini, cobalah untuk mengindentifikasi bentuk kotoran hewan peliharaan. Jika kotoran berbentuk cairan, maka Anda tidak bisa langsung mengambilnya menggunakan sekop. Anda perlu menaburkan pasir terlebih dahulu untuk memadatkan kotoran tersebut. Seteolaj terlihat padat lalu angkatlah menggunakan sekop yang sudah disediakan.

Ingat, gunakanlah ukuran sekop yang sesuai dengan bentuk kotoran peliharaan Anda. Jika kotoran berbentuk padat maka gunakanlah sekop dengan bagian datar agar mudah untuk diambil.

6. Semprot Kandang dengan Air dari Pompa Air

Meskipun kotoran sudah dibersihkan dengan sekop, mungkin masih ada kotoran-kotoran yang menempel yang susah diangkat. Oleh karena itu cara membersihkan kandang hewan dengan menyemprotan air akan bantu membersihkan kotoran lebih lanjut.

Agar kotoran dapat larung bersamaan dengan air yang mengalir, maka semprotkanlah mulailah daari arah atas ke bawah. Hal ini dapat membantu mencegah akotoran naik kembali ke atas dan mengotori area yang sudah dibersihkan. Pastikan untuk menyemprotkan dengan menyulur agar semua sudut kandang sangat bersih.

Dengan menyemprotkan kandang menggunakan pompa air maka Anda telah memberikan kebersihan kandang yang ekstra sehingga bebas dari kotoran dan tidak menyebabkan gbau yang mengganggu kenyamaan hewan peliharaan Anda.

Dengan air yang sudah disemprot maka seluruh sudut kandang akan terkena air dengan baik. Artinya, sabun akan lebih mudah untuk mengalir ke area-area kecil seingga kandang akan lebih bersih.

Dengan menghilangkan kotoran maka proses penyabunan pun menjadi lebih baik dan terhindar dari kemungkin kontaminasi kuman dari kotoran di kandang hewan peliharaan. Jadi jangan abaikan cara membersihkan kandang hewan ini agar mengilangkan kotoran lebih efektif.

7. Cuci dengan Sabun Khusus Hewan

Tidak cukup jika hanya membersihkan kandang dengan menggunakan air saja. Kotoran dan noda-noda tersebut kemungkinan masih menempel di kandang. Sabun yang dirancang khusus untuk hewan mampu membersihkan kandang dengan efektif. Tanpa adanya kandungan bahan-bahan kimia, sabun ini dinyatakan aman untuk kebersihan kandang hewan peliharaan karena kesehatan mereka tidak terganggu.

Cara membersihkan kandang hewan dengan mencuci yang benar saat menggunakan sabun adalah mula-mula cairkan sabun dengan air secukupnya. Ikuti petunjuk penggunaan sabun itu pada kemasannya. Kemudian aduklah secara merata.

Jika sudah merata, pakailah sarung tangan dan bersihkan kandang tersbut menggunakansikap dan kain lap. Pada area kandang yang sensitif dan berporim, sangat disarankan untuk menggunakan  kain lap untuk membersihkan kandang. Sikat adalah alat pemberih kandang pada area yang tidak berpori dan sensitif.

8. Keringkan dengan Tisu

Setelah mencuci kandang dengan sabun khusus hewan, bilaslah dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Membilas membuat kandang menjadi lebih lembab yang menjadi sumber penyakit. Diketahui, kandang yang lemabab adalah tempat favorit bagi kuman untuk berkembang biak sehingga menyebabkan beberapa penyakit.

Oleh karena itu cara mengeringkan kandang hewan yang baik adalah menggunakan tisu. Ya, tisu adalah alat pengering yang kami sarankan karena lebih higienis daripada kain lap. Oleh karena itu inilah yang bisa Anda lakukan ketika mengeringkan kandang dengan menggunakan tisu:

1. Siapkan Tisu Secukupnya: Banyaknya lembar yang dibutuhkan ini menyesuikan dengan ukuran kandang yang Anda bersihkan.

2. Lap dan Keringkan: Cara membersihkan kandang hewan dalam hal ini adalah terlebih dahulu permukaan luar dari kandang. Cara ini dilakukan pertama agar kerangka kandang bisa lebih cepat mengering. Pada area yang susah kering, ulangilah cara ini berkali-kali. Gantilah lembaran tisu yang sudah basah ke lembaran yang baru dengan tujuan untuk lebih cepat menyerap air.

3. Biarkan Kandang Mengering: Ini adalah langkah pengeringan yang terakhir namun penting untuk dilakukan. Hal ini untuk memastikan tidak ada air yang tertinggal saat diusap menggunakan tisu.

Menghilangkan kelembaban berlebih pada kandang membantu mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri yang dapat berdampak negatif pada kesehatan hewan peliharaan Anda. Selain itu, kandang yang kering dan bersih juga memberikan lingkungan yang nyaman dan sehat bagi hewan peliharaan Anda. Dengan rutin mengeringkan kandang setiap kali mencucinya, Anda menjaga kebersihan dan kesehatan kandang secara optimal, sehingga hewan peliharaan Anda dapat tinggal dengan nyaman di lingkungan yang bersih dan aman.

Gunakan Tisu Hand Towel See U untuk Mengeringkan Kandang

See U punya tisu untuk mengeringkan kandang yaitu tisu hand towel. Kami menyarankan jenis tisu tersebut karena memiliki daya serap yang baik dan cepat. Hal itu karena permukaan hand towel See U dilengkapi dengan emboss yang menyebar keseluruh permukaan tisu.

Tisu untuk mengeringkan kandang ini punya beberapa variasi yang bisa Anda pilih:

  • Handtowel See U; 150 Sheets
  • Handtowel See U; 140 Sheets
  • Hand towel See U Sleeve Pack; 150 Sheets
  • Hand towel See U Sleeve Pack Brown; 150 Sheets

Sudahkah Anda menyiapkan tisu untuk mengeringkan kandang itu?

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 02 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer