8 Cara Mengurangi Sampah Plastik di Rumah yang Mudah Dilakukan


 

Menurut sebuah data tahun lalu, Indonesia masih  dikeliling oleh sampah yang semakin hari semakin meningkat. Ada dua jenis sampah yang menggunung di Indonesia tahun 2023, yaitu rumah tangga dan plastik. Oleh karena itu mulailah melakukan cara mengurangi sampah plastik di rumah seperti cara-cara di artikel ini.

Kian hari plastik menujukan eksistensinya di Indonesia karena semakin banyak ditemukan benda yang berbahan plastik. Itulah yang membuat kita sulit menghindari pemakaian plastik untuk sehari-hati.

Namun kata "sulit" bukan berarti tidak sama sekali. Oleh karena itu masih ada cara untuk melakukan upaya mengurangi penggunaan plasti di rumah dalam artikel ini.

Di akhir artikel ini, Anda akan tahu satu produk yang memakai plastik namun terjamin ramah lingkungan. Bahkan produk tersebut aman untuk kontak langsung dengan makanan. Berikut ini penjelasannya.

Cara Mengurangi Sampah Plastik di Rumah

Bila perlu, lakukanlah cara mengurangi sampah plastik di rumah ini secara keseluruhan. Dampak baiknya akan dirasakan Anda, seluruh anggota keluarga, hingga seluruh masyrakat Indonesia. Berikut ini cara-caranya:

1. Gunakanlah Tas Kain Pengganti Kantong Plastik

 

Pergilah ke supermarket setidaknya sekali seminggu untuk membeli kebutuhan dapur dan barang esensial lainnya. Jangan lupa bawalah tas kain untuk mengantongi barang belanjaabn yang Anda beli. Cara mengurangi sampah plastik di rumah ini mengurangi penumpukan limbah kantong plastik yang kian semakin banyak di Indonesia.

Jenis tas kain yang disarankan sebagai pengganti kantong plastik yaitu berbahan katun. Bahan tersebut dirasa lebih kuat daripada nilon dan polyester sehingga cocok untuk dijadikan sebagai pengganti kantong plastik.

Tas kain dari katun punya beragam bentuk serta warna yang menarik. Untuk itu tas kain dari katun cocok untuk dibawa ke pusat perbelanjaan dan bahkan bisa menarik perhatian seseorang.

2. Perbanyak Wadah Makan Berbahan Ramah Lingkungan

Daripada menggunakan plastik, lebih baik gunakanlah wadah yang berbahan ramah lingkungan yaitu kaca. Cara mengurangi sampah plastik di rumah ini telah didukung oleh sektor industri yang kian banyak memproduksi beranka wadah dari kaca. Kaca adalah alternatif wadah ramah lingkungan daripada plastik.

Bila perlu milikilah wadah kaca dengan beraneka ukuran. Cara mengurangi sampah plastik di rumah itu berguna agar makanan atau benda-benda lainnya dapat tersimpan dengan rapi di dalamnya.

3. Kurangi Membeli Air Minum Kemasan

Air minuman kemasan jadi solusi ketika Anda merasa haus saat berada di [erjalanan. Setiap toko di pinggir jalan pasti menyediakan air minum kemasan sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkannya.

Berbanding terbalik dengan kemudahannya, ternyata air minum kemasan jadi ancaman untuk lingkungan. Hal itu membuat semakin banyaknya limbah kemasan air mineral yang dapat berdampak pada lingkungan di kemudian hari.

Agar menghindari tumpukan limbah air minum kemasan, persiapkan diri dengan membawa air minum di kemasan tumbler dari rumah. Atau jika Anda bepergian tidak jauh, maka cara mengurangi sampah plastik di rumah yang bisa dilakukan yaitu meminum air secukupnya sebelum bepergian. Cara itu agar mengurangi rasa dahaga yang membuat Anda harus membeli air minum kemasan.

4. Bawa Tumbler Sendiri Saat Membeli Minuman Olahan

Cara mengurangi sampah plastik di rumah ini bisa dilakukan ketika Anda dan keluarga ingin bepergian jauh. Dengan membawa air minum dengan tumbler maka Anda telah berpartisipasi mengurangi sampah lingkungan dari plaastik.

Sesuaikan ukuran tumbler yang ingin di bawa. Membawa ukuran tumbler yang sesuai berarti tlah melakukan perencanaan barang bawaan agar tidak terlalu banyak.

Bila perlu, bawalah termos kecil untuk menyimpan minuman hangat dan dingin favorit Anda. Dengan membawa tumbler atau termos mini maka Anda telah mengurangi pembelian air minum dan olahan minuman yang menggunakan plastik.

5. Gunakan Sekali lagi

Cara mengurangi sampah plastik di rumah ini bisa dilakukan ketika Anda punya kantong plastik yang cukup banyak. Daripada membuangnya, Anda bisa gunakan lagi selagi kantong plastik masih layak.

Kantong plastik itu bisa digunakan untuk membungkus semua benda kecuali makanan yang tanpa menggunakan kemasan primer. Makanan tanpa kemasan primer yang kontak langsung dengan plastik dikhawatirkan akan terkontaminasi zat-zat berbahaya. Maka dari itu sebaiknya hindarilah penggunaan kantong plasti untuk makanan tanpa kemasan primer.

6. Tak Lagi Pakai Sedotan Plastik

Penggunaan sedotan plastik di rumah adalah kebiasaan yang harus dibuang karena menyebabkan limbah plastik. Sayangnya bentuknya yang kecil dianggap tidak terlalu mempengaruhi lingkungan. Dengan demikian kita pun kerap abai dengan masih menggunakan sedotan sekalipun tidal terlalu dibutuhkan.

Namun bagaimana jika kebiasaan buruk itu dilakukan oleh  semua orang di Indonesia? Tumpukan limbah sedotan plastik pasti akan mengalami peningkatan sehingga dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kenyamanan.

Selain tak menggunakan sedotan plastik, solusi cara mengurangi sampah plastik di rumah yang berkaitan yaitu menggantinya dengan sedotan stainless. Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang sudah terbiasa terbiasa menggunakan sedotan sekalipun berada di rumah.

Berkat sedotan stainless maka Anda telah melakukan satu cara mengurangi plastik di rumah yang berdampak untuk kemudian hari. Cara sederhana ini bisa berdampak baik untuk semua orang jika Anda melakukannya di tempat makanan hingga restoran yang Anda datangi.

Mintalah karyawan tempat makan untuk tidak memberikan sedotan plastik ke dalam minuman yang Anda pesan. Meskipun tanpa sedotan Anda tetap bisa menikmat inuman yang Anda pesan.

7. Kreasikan Plastik Menjadi Benda Kesenian

Jika sudah terlalu banyak kantong plastik di rumah, Anda bisa ajak  anggota keluarga untuk menghasilkan kreasi dari plastik di rumah. Benda berbahan plastik di rumah yang kerap dikreasikan diantaranya kantong plastik dan botoldan gelas plastik air mineral.

Cara mengurangi sampah plastik di rumah ini dapat memperat hubungan harmonis di keluarga. Bahkan cara ini pun juga melatih anak-anak untuk berinovasi dan berkreasi menjadikan barang yang unik an berguna. Dengan hadirnya kesenian tersebut maka bisa jadi hiasan unik di rumah.

8. Sediakan Produk Plastik Ramah Lingkungan di Rumah

dSuatu benda dapat dikatakan sebagai sampah apabila benda tersebut sudah mencemari lingkungan dan mengganggu rantai kehidupan makluk hidup. Sampah tersebut bisa tercipta karena penggunaan produk dari plastik yang tidak ramah lingkungan secara terus-menerus. Sayangnya kebiasaan itu kerap dimulai dari aktivitas rumah tangga.

Oleh karena itu cara mengurangi sampah plastik di rumah ini bisa dilakukan dengan cara menyimpan produk dari plasti yang berbahan ramah lingkungan. Pastikan produk tersebut bisa digunakan sehari-hari karena dijamin keamanannya.

Di bawah ini, Anda akan mengetahui produk yang cocok untuk dimiliki di rumah dan berbahan ramah lingkungan

Bebaskan Lingkungan Dari Sampah Plastik dengan Memakai Bungkus Makanan Ramah Lingkungan

Sampah plastik jadi musuh masyrakat Indonesia yang selalu bertumbuh pesat setiap tahunnya. Jika dibiarkan maka hal tersebut dapat membahayakan seluruh makluk hidup di kemudian hari.

Meskipun plastik kerap digunakan untuk segala aktivitas kita, namun cermatlah dalam memilih produk berbahan plastik. Pilihlah produk yang menggunakan plastik yang terbukti aman untuk kita dan lingkungan. Dengan demikian mulailah dengan memilih kertas nasi laminasi plastik yang ramah lingkungan.

Kertas nasi Cap Gajah adalah produk yang menggunakan plastik yang dijamin aman untuk lingkungan dan manusia. Teknologi oxium di dalam kertas nasi Cap Gajah (LWK dan LMG) membantu percetan proses penguraian menjadi partikel kecil yang aman untuk lingkungan. Dengan oxiu, kertas nasi Cap Gajah akan terutai dengan bantuan sinar UV matahari dan mikroorganisme.

Selain itu kertas nasi Cap Gajah telah bersertifikat Food Grade sehingga aman saat kontak langsung dengan makanan. Dengan food grade, tidak ada kontaminasi zat berbahay di makanan sehingga aman saat disantap.

Ayo, mulai kebiaaan yang baik dengan cara #BungkusinAja makanan dengan kertas nasi Cap Gajah agar lingkungan bebas dari sampah plastik.

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 03 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer