resep sederhana 3 jajanan di malang yang digoreng. cobalah!


 

Malang adalah kota wisata yang memiliki banyak aneka jajanan yang digoreng. Dari sekian banyak jajanan di malang, ada beberapa jajanan yang bisa Anda buat di rumah. Dengan membuatnya di rumah, maka kebersihan akan lebih terjamin.

Jajanan-jajanan ini sangat cocok dihidangkan saat acara keluarga. Hal itu karena rasanya yang sangat sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia yang sangat familiar dengan makanan yang digoreng.

Oleh karena itu artikel ini akan memberikan resep dari aneka jajanan tersebut. Kemudian kami akan menyarankan jenis tissue yang digunakan setelah Anda menggorengnya. Tissue tersebut mampu menyerap minyak dengan baik dan bisa digunakan untuk manfaat yang lainnya.

Artikel ini akan menjelaskan resep dan jenis tissue yang harus dipakai.

1. Resep Jajanan di Malang yaitu Mendol

Mendol adalah jajanan yang sekaligus dapat dijadikan sebagai lauk pendamping nasi. Inilah resep mendol yang sederhana dengan menggunakan tempe:

1. Siapkan Alat dan Bahan sebagai berikut:

- Wajan

- Saringan

- Spatula

- Tempe

- Bawang putih

- Bawang merah

- Cabai

- Ketumbar

- Garam

- Penyedap rasa

2. Kukus Tempe

Lebih baik gunakanlah tempat yang sudah dikukus. Cara ini bertujuan untuk mengahdirkan tempe yang lembut dan membunuh kuman yang merugikan.

3. Hancurkan Semua Bumbu

Hancurkan dengan menggunakan chopper atau penggerus alami atau uleg-an. Taburi garam dan penyedap rasa secukupnya sesuai selera. Hancurkan bumbu-bumbu tersebut sampai halus agar mudah meresap ke dalam tempe.

4. Campur Tempe dengan Bumbu

Campurkan dengan merata tempe dan bumbunya. Jika sudah merata saatnya untuk membentuk adonan tersebut menjadi lonjong dengan cara dikepal-kepal.

5. Goreng, tiriskan dan Hidangakan

Siapkan minyak yang sudah panas, kemudian masukkan adonan mendol tersebut. Gores hingga berwanra kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan.

2. Resep Keripik Tempe Khas Malang

Jajanan di malang yang terbuat dari tempe adalah keripik tempe. Seperti namanya, jajanan ini punya tekstur yang gurih layaknya kerupuk. Dengan demikian resep pembuatannya pun tidak bisa sembarangan. Ada teknik memasak khusus yang membuat jajanan ini lebih gurih tahan lama dengan mengikuti resep di artikel ini.

1. bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Tepung beras
  2. Tepung tapioka
  3. Tempe padat
  4. Telur Ayam
  5. Penyedap rasa
  6. Garam
  7. Air
  8. Minyak

Saat ingin membuat kerpik tempe, pastikan tempe yang digunakan adalah tempe dengan tekstur yang padat agar biji kedelai tidak terurai jika dipotong.

2. Setelah itu, halusnya bumbu-bumbu yang terdiri dari:

  1. Bawang putih
  2. Bawang merah
  3. Ketumbar
  4. Kencur
  5. Kemiri

Bumbu-bumbu halus ini bisa menyesuaikan dengan selera Anda. Jika Anda suka keripik pedas, tambahkan cabai pada bumbu halus tersebut.

3. Irislah tempe setipis mungin dengan menggunakan pusau yang tajam. Semakin ti[is tempe yang diiris maka semakin renyah saat sudah digoreng. Tidak ada ukuran yang paten mengenai banyaknya potongan tempe untuk salah satu jajanan di malang terpopuler ini. Hal itu disesuaikan lagi dengan bentuk tempe yang Amda pilih.

4. Campurkan bumbu halus dengan tepung-tepung yang sudah disediakan. Dari kedua tepung yang dibutuhkan diatas, buatlah takaran yang lebih banyak untuk tepung beras. Cara ini agar keripik tempe terasa lebih renyah. Aduklah perlahan agar tepung, bumbu halus, serta garam dan penyedap rasa tercampur merata.

5. Tuangkan air perlahan-lahan sembari diaduk. Pastikkan adonannya tidak terlalu cair agar adonan dapat menempel sempurna di tempe. Jika Anda menggunakan telur di adonan keripik tempe, maka buatlah adonan yang lebih cair. Hal itu agar jajanan di malang ini tidak terlalu keras dan tetap terasa renyah.

6. Siapkan minyak yang panas dengan api yang sedang cenderung kecil. Kemudian, celupkan tempe ke dalam adonan yang sudah disediakan. Pastikan bahwa adonan telah menyelimuti tempe tersebut dengan baik. Setelah itu gooreng hingga kecolatan.

7. Setelah ditiriskan, masukkanlah keripik tempe ke dalam microwave dengan suhu yang rendah selama kurang lebih 20 menit. Maksimalkan panas microwave agar tempe terasa renyah dengan mengakttifkan api atas dan bawah agar panasnya merata.

3. Resep Sempol

Jajanan di malang ini punya sejarah dari mulut ke mulut. Artinya, tidak ada catatan sejarah yang autentik mengenai jajanan yang sempat viral ini. Akan tetapi Seorang Blogger bernama Winda Carmelita mengatakan bhawa jajanan sempol adalah hasil kreatovotas seseorangyang bernama Cak Man. Beliau ingin menghasirkan kudapan baru dan unik. Pada saat itu, Cak Man membuat jajanan sempol sepertii adonan pentol yang kemudian dikepal-kepal di tusuk bambu dan digoreng.

Hingga saat ini cara memasak sempol kerap dilakukan oleh banyak orang. Bahkan seriring berjalannya waktu, makanan ini terus mengalami inovasi-inovasi. Oleh karena itu, ikutilah resep pembuatan sempol yang mudah berikut ini:

1. Siapkan Bahan-bahan pembuatan sempol beserta bumbu-bumbu halusnya sebagai berikut:

    • daging ayam cincang
    • tepung tapioka
    • tepung terigu
    • telur ayam
    • daun bawang
    • gula pasir
    • garam
    •  kaldu jamur

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1 sdt merica butiran

2. Campurkan aneka tepung, bumbu halus dan daging cincang secara merata dan aduklah hingga merata. Pastikan adonan sempol sudah kalis atau menyatu.

3. Lumuri tangan pakai minyak dan ambillah adonan sempol setara satu sendok makan. Kepal-kepal adonan dan tempelkannya di tusuk bambu dan bentuklah bulat panjang. Lakukanlah secara berulang sampai adonan tidak tersisa.

4. Siapkan lapisan sempol dari kocokan telur yang dibumbui garam. Aduk adonan sempol yang sudah ditusuk ke dalam tempat yang sudah ada kocokan telor.

5. Goreng sempol di minyak yang panas dan api yang sedang. Pastikan sempol sudah tercelup semua agar matang merata.

Tisu Untuk Menyerap Minyak Gorengan

Dari ketiga jajanan di malang tersebut kesluruhnya adalah makanan yang diola dengan cara digoreng. Oleh karena itu, jajanan tersebut dapat disebut dengan gorengan.

Jika Anda ingin mencoba di rumah, siapkanlah tisu untuk menyerap minyak gorengan. See U dan Plenty adalah merek yang menyediakan tisu utnuk menyerap minyak gorengan.

Tisu dapur adalah tisu yang mampu menyerap minyak berlebih digorengan. Dengan menggunakan tisu dapur See U dan Plenty, maka ketiga jajanan di malang di ataslebih sehat tanpa ada minyak yang berlebihan sehingga nikmat saat disantap.

*gambar tisu dapur see u*

Tisu dapur See U memiliki ketebalan 1 Ply. Praktis karena mampu menyerap minyak meskipun hanya 1 Ply.

*gambar tisu dapur plenty*

Dengan emboss bermotif berlian dan ketebalan ganda, tisu dapur plenty mampu menyerap minyak gorengan lebih cepat dan efektif. Emboss di dua sisi terdapat rongga yang membuat daya serap lebih cepat dan mampu menyerap banyak minyak di gorengan.

Meskipun terdapat perbedaan, namun See U dan Plenty sama-sama merek tisu dapur yang unggul. Sesuaikan kembali dengan pilihan Anda saat menggoreng jajanan di malang tersebut.

Dampatkan kedua rekomendasi tisu untuk menyerap minyak gorengan ini di bawah ini:

  • E Commerce Suparma
  • Shopee See-U & Plenty Jakarta
  • Shopee See-U & Plenty Surabaya
  • Shopee See-U & Plenty Bandung
  • Tokopedia See-U & Plenty Jakarta
  • Tokopedia See-U & Plenty Surabaya
  • Tokopedia See-U & Plenty Bali>
  • Tokopedia See-U & Plenty Bandung
  • Blibli See-U & Plenty Surabaya
  • Blibli See-U & Plenty Jakarta
  • Blibli See-U & Plenty Bandung
  • Lazada See-U & Plenty Jakarta
  • TikTok Shop See U dan Plenty

https://cookpad.com/id/resep/3594787-keripik-tempe-goreng-kriuk-tahan-2-3-bulan-bisa-untuk-bisnis-keripik-tempe

https://www.windacarmelita.com/2016/03/semua-semua-sempol-kisah-jajanan-yang.html

https://tugumalang.id/kisah-sempol-malang-kudapan-kaki-lima-yang-tetap-favorit-hingga-kini/#:~:text=Diceritakan%2C%20sempol%20berawal%20dari%20keinginan,dan%20digoreng%20dalam%20minyak%20panas.

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 30 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer