Manfaat Margarin untuk Kue Sehingga Menjadi Bahan Utama Kue


Margarin adalah solusi bagi mereka yang ingn menggoreng tanpa menggunakan minyak. Akan tetapi manfaat margarin untuk kue adalah keguanaan lain dari benda ini yang banyak masyrakat Indonesia gunakan

Baik margarin dan minyak goreng adalah produk yang terbuat dari kelapa sawit. Maka tak heran margarin digunakan untuk pengganti minyak goreng. Apalagi dalam pembuatan kue, minyak goreng tidak banyak digunakan karena teksturnya yang cair sehingga dikhawatirkan akan merusak tejstur dari kue tersebut.

Terlepas dari itu, kita perlu mengetahui perbandingan minyak goreng dan margarin dari beberapa segi. Ini akan menambah pengetahuan Anda terhadap kedua benda itu. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Perbedaan Minyak goreng dan Margarin

Perbedaan ini kami bagikan menjadi beberapa segi agar Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan:

1. Kesehatan

Minyak goreng dan margarin kerap kali dibandingkan dari segi kesehatannya. Minyak goreng tidak mengandung lemak trans yang sebanyak margarin.

Mengonsumsi makanan yang diolah dengan margarin akan menimbun banyak lemak trans di tubuh kita. Itu akan memicu banyaknya gangguan kesehatan di tubuh Anda. Oleh karena itu perbedaan minyak goreng dan margarin ini terlihat lebih baik minyak goreng.

2. Rasa

Rasa adalah faktor subjektif yang sangat penting dalam memasak. Minyak goreng biasanya tidak memiliki rasa yang kuat, sehingga memungkinkan rasa bahan makanan yang Anda masak muncul dengan baik. Di sisi lain, margarin memiliki rasa yang lebih mirip mentega dan bisa memberikan hidangan Anda sentuhan khas yang berbeda.

Dalam perbedaan minyak goreng dan margarin, margarin lebih unggul sehingga cocok untuk dijadikan campuran untuk membuat kue dan roti. Selain rasany, menggunakan margarin untuk kue menghasilkan tekstur yang lembut.

3. Kepraktisan

Bicara soal kepraktisan, margarinlah yang lebih unggul daripada minyak goreng. Margarin berbentuk minyak goreng yang dipadatkan dengan demikian tidak membutuhkan banyak tempat untuk menyimpannya.

Perbedaan minyak goreng dan minyak goreng ini harus dipertimbangkan bagi Anda yang ingin melakukan camping. Jika membawa minyak goreng takut tumpah maka bawalah margarin sebagai pengganti minyak goreng. Jika masih tersisa maka Anda bisa membungkusnya kembali di kemasannya.

4. Kegunaan

Perbedaan minyak goreng dan margarin juga tampak pada kegunaannya. Margarin bisa untuk menggoreng tapi teknik penggorengan tumis atau yang membutuhkan sedikit minyak. Sementara minyak goreng mampu digunakan untuk memasak dengan minyak yang banyak (Deep Frying).

Margarin digunakan untuk menumis aneka sayuran. Bahkan margarin cocok bagi mereka yang sedang program diet. Menggunakan margarin akan lebih efektif jika menggunakan penggorengan anti lengket sehingga dapat melelehkan margarin dengan merata.

Minyak goreng sering digunakan untuk menggoreng gorengan. Jenis makanan ini lebih baik menggunakan minyak goreng agar matang merata.

Manfaat Margarin untuk Kue

Pembuat kue pasti akrab dengan penggunaan margarin. Bahkan apapun jenis kuenya pasti menggunakan margarin dsebagai bahan pembuatan kue yang utama. Hal itu tidak lepas dari manfaat margarin untuk kue yang berikut ini:

1.   Meningkatkan Tekstur Kue

Manfaat margarin untuk kue adalah sebagai zat pengemulsi kue. Hal itu karena margarin dapat menjaga kadar kestabilan air dan emulsi minyak dalam komposisi kue.

Selain itu menggunakan margarin dalam kue adalah untuk membuat kue menjadi lebih tangan lama. Meskipun waktu pembuatannya cukup lama, dengan margarin, kue tersebut masih terjaga kerturnya yang lembut sehingga tetap enak saat dinikmati.

2.   Memberi Aroma yang Khas

Manfaat margarin untuk kue adalah mampu menghasilkan aroma yang gurih di kue tersebut. Bahkan aroma tersebut sudah dapat tercium saat Anda memanggang adonan tersebut.

Aroma yang timbul disesuaikan dengan banyaknya margarin dan kualitas margarin yang digunakan. Pastikan untuk menggunakan margarin yang sesuai dengan takaran adonannya. Hal ini agar tidak membuat adonan kue menjadi hancur.

3.   Pencampur Rasa

Rasa margarin lebih asin dibandingkan mentega sehingga margarin lebih banyak dipilih untuk menciptakan cita rasa yang gurih pada kue yang dibuat. Jika margarin digunakan pada kue kering maka ini berfungsi untuk memberikan cita rasa yang renyah dan asin.

Cita rasa margarin yang asin justru sangat dibutuhkan pada adonan kue. Seperti yang kita tahu, adonan kue menggunakan bahan campuran yang punya rasa yang manis seperti gula, susu, creamer, dan lain sebagainya. Agar rasanya tidak eneg maka tambahkan margarin dalam adonan tersebut.

Cita rasa kue yang terlalu manis akan mengganggu kenyamanan saat dinikmati. Oleh karena itu penambahan margarin sangatlah cocok untuk kue.

Bicara soal kue, pasti identik dengan pengolahannya yang menggunakan oven. Agr oven tidak cepat kotor lebih baik lapisilah dengan menggunakan tisu khusus. Apakah jenis tisu tersebut?

Tisu untuk Alas Oven

Penggunaan tisu khusus untuk oven harus dimiliki. Tisu untuk alas oven berguna untuk  melapisi oven sehingga tidak mengotori oven.

Pilihlah tisu untuk alas oven yang tebal, kaku, dan berdaya serap tinggi. Tisu itu juga bisa digunakan untuk membersihkan seluruh peralatan dan tempat di dapur setelah menggunakannya.

Ya, tisu alas oven yang direkomendasikan adalah Tisu Dapur. Tisu jenis ini punya karakteristik kaku, tebal, dan berdaya serap tinggi. Dengan demikian tidak perlu ragu lagi saat menggunakannya.

Plenty adalah tisu dapur yang terbaik untuk dijadikan sebagai alas oven. Dengan ketebalan 2 Ply, membuatnya lebih tebal dan berdaya serap lebih baik daripada lainnya,

Tisu dapur Plenty pilihan terbaik untuk kebersihan dapur Anda


Referensi:

www.globalsolusiingredia.com
www.viva.co.id



Diposting oleh : Trenaldy
pada 16 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer