Hari Waisak Tanggal Berapa Akan Dirayakan di Tahun 2024?


 

Bulan Mei adalah bulan suci bagi Umat Buddha. Pada bulan tersebut para penganut Agama Buddha akan merayakan Waisak. Lantas Hari Waisak tanggal berapa pada tahun 2024?

Mengetahui tanggal peryaan Hari Waisak patut diketahui oleh semua orang. Bagi umat Buddha tanggal tersebut jadi tanggal yang suci sementara bagi masyrakat beragama lain diharapkan ikut menjaga kedamaian di tengah perayaan Umat Budhha di Hari Waisak.

Berikut ini hari serta tanggal perayaan Hari Waisak pada tahun 2024.

Hari Waisak Tanggal Berapa?

Perayaan Hari Waisak tanggal berapa untuk tahun 2024? Hari Waisak tahun 2024 jatuh pada tanggal 23 Mei. Tepatnya di Hari Kamis pada minggu ketiga di Bulan Mei tahun 2024.

Pada hari Jumat, 24 Mei 2024 adalah cuti bersama Waisak. Dengan adanya cuti bersama diharapkan para Umat Buddha dapat merayakan hari besarnya dengan khidmat dan bebas dari gangguan.

Tanggal Libur Waisak Tahun 2024

Hari Waisak di tahun ini termasuk ke dalam libur nasional yang ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh lapisan masyrakat. Hal itu karena perayaan Hari Waisak jatuh berdekatan dengan akhir pekan sehingga hari libur yang ditetapkan menjadi lebih panjang.

Dikutip dari SKB 3 Menteri yaitu: Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023 tentang "Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024"  tanggal libur Waisak tahun 2024 menjadi berikut ini:

  • Kamis, 23 Mei 2024: Libur Nasional Hari Raya Waisak 2568 BE (Buddha Era)
  • Jumat, 24 Mei 2024: Cuti Bersama Hari Raya Waisak 2568 BE (Buddha Era)
  • Sabtu, 25 Mei 2024: Libur akhir pekan
  • Minggu, 26 Mei 2024: Libur akhir pekan.

Bagi yang beragama Buddha, Anda punya waktu selama 4 hari. Manfaatkanlah untuk beribadah dan kumpul bersama orang terkasih untuk menjalin hubungan baik antar sesama manusia.

Apa Itu Hari Raya Waisak?

Hari Raya Waisak adalah hari raya Agama Buddha. Hari Raya Waisak dikenal juga dengan berbagai istilah di beberapa belahan dunia, misalnya: Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, hingga Vesak di Sri Lanka.

Baca Juga:

Nama "Waisak" diserap dari Bahasa Pali yaitu "Wesakha" dan atau "Waishakha" dari bahasa Sanskerta. Adapun di beberapa negara menyebutkan Hari Raya Waisak sebagai "Hari Buddha".

Di Indonesia sendiri, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di situsnya menyebutkan bahwa Waisak kerap disebut dengan Tri Suci Waisak. (Sumber: Detikcom)

Tri Suci Waisak adalah hari suci Umat Buddha di seluruh dunia karena merayakan tiga peristiwa penting yaitu:

  • Lahirnya pangeran Siddharta (calon Buddha) di Taman Lumbini pada tahun 623 SM (sebelum masehi)
  • Pangeran Siddharta mencapai penerangan agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) di usia 35 tahun di tahun 588 SM.
  • Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun di tahun 543 SM

Selalu Hadirkan Kebaikan Disegala Aspek Demi Lingkungan Berkelanjutan

Hari Raya Waisak adalah momen yang tepat bagi kita untuk senantiasa melakukan kebaikan disegala aspek. Kebaikan itulah yang akan dirasakan oleh semua orang di masa depan.

Sama seperti yang dilakukan oleh PT Suparma Tbk. Segala lini produk dari PT Suparma Tbk telah menggunakan bahan baku yang terbaik dan dipastikan aman untuk lingkungan yang berkelanjutan.

Hal itu semata-mata dilakukan oleh PT Suparma Tbk demi terwujudnya lingkungan yang sustainability agar anak cucu kita merasakan dampak baik dari pemanfaatan barang yang tepat tanpa merusak lingkungan.

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-7152956/jadwal-libur-waisak-2024-catat-tanggal-libur-nasional-dan-cuti-bersama

 



Diposting oleh : Ella
pada 18 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer