9 Cara Menjaga Kebersihan Diri Mulai dari Atas Hingga Bawah


 

Selain wajah, badanpun juga harus dibersihkan secara rutin. Cara itu berguna untuk meningkatkan kenyamanan dimanapun Anda berada. Kebersihan diri berarti membersihkan secara menyeluruh. Oleh sebab itu ada cara menjaga kebersihan diri dari ujung rambut hingga ujung kaki yang perlu dilakukan.

Kenyamanan diri sendiri akan terasa sehingga Anda pun lebih percaya diri saat dikehidupan sosial. Bertemu orang banyak bukan lagi sesuatu yang "menakutkan" karena badan Anda sudah terjaga kebersihannya.

Ya, menjaga kebersihan diri masih berkaitan dengan kehidupan bermasyrakat. Bagaimana bisa? Artikel ini akan membahasnya sebelum Anda tahu tentang cara menjaga kebersihan diri.

Alasan Menjaga Kebersihan Diri Penting

Alasan menjaga kebersihan diri penting karena ternyata ini berkaitan dengan kehidupan sosial Anda. Bersosialisasi adalah kebutuhan dasar bagi seluruh manusia. Kita akan bertemu dengan banyak orang sehingga pandangan pertama adalah suatu penilaian terhadap seseorang atau lawan biacaranya.

Pada pandangan pertama, lawan bicara tentu akan melihat penampilan kita. Maka dari itu penampilan diri yang bersih akan menciptakan kesan berharga bagi lawan bicara. Sebaliknya, penampilan yang kurang bersih tidak akan membuat lawan bicara tertarik untuk berkomunikasi dengan waktu yang lama.

Badan yang tidak terjaga kebersihannya akan menghasilkan bau badan yang tidak sedap. Penyebab bau badan adalah cairan dari kelenjar apokrin yang bercampur dengan bakteri. Bakteri itu hinggap di badan karena kurangnya menjaga kebersihan diri. Inilah alasan menjaga kebersihan diri penting agar bakteri tidak hinggap di badan dengan waktu yang lama.

Tidak hanya badan, kebersihan diri juga dapat terasa ketika sedang berbicara. Warna gigi yang kuning disertai aroma yang tidak sedap adalah contoh badan yang tidak terjaga kebersihannya. Gigi kuning disertai bau mulut yang keluar membuat lawan bicara Anda akan menjauh. Jadi, jika lawan bicara menjauh saat Anda berbicara, itu adalah tanda-tanda mereka tidak nyaman dengan bau badan dan atau aroma dari mulut Anda.

Cara Menjaga Kebersihan Diri

Agar tidak dikucilkan secara sosial karena badan yang tidak bersih, lebih baik mulailah menerapkan cara menjaga kebersihan diri di bawah ini. Dengan melakukannya secara rutin maka kebersihan diri akan Anda rasakan. Berikut ini cara-cara yang harus dilakukan secara rutin:

1. Cuci tangan pakai sabun

Cara menjaga kebersihan diri dengan cuci tangan adalah berguna untuk terhindar dari berbagai infeksi penyakit. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun dan air yang menglir. Cara ini berguna agar mampu membersihkan bakteri secara maksimal.

Gunakanlan sabun cuci tangan sesuai dengan kondisi. Pilihlah sabun cuci tangan yang mengandung allergen-free fragrance jika punya kulit yang sensitif.

Alternatif lainnya adalah menggunakan hand sanitizer saat tempatnya tidak menyediakan sabun dan air mengalir. Gunakanlah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60%.

2. Menyikat gigi 2x Sehari

Menyikat gigi berguna untuk mencegah bau mulut, plak pada gigi, dan infeksi di area mulut bagian dalam. Cara menjaga kebersihan diri ini harus dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari.

Pagi hari harus menyikat gigi karena bau mulut karena air liur yang tidak digunakan sedang tidur. Sedangkan di malam hari, produksi air liur berkurang sehingga bakteri perusak gigi menjadi lebih aktif.

3. Membersihkan Kuku

Kuku yang memanjang dan kotor adalah sumber beberapa penyakit infeksi. Oleh karena itu rutinlah memotong kuku agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

Cara menjaga kebersihan diri pada kuku ada;ah dengan tidak menggigitnya. Kemudian gunakan potong kuku yang bersih saat ingin merapikannya. Setelah itu bersihkan kuku dengan air, sabun, dan sikat kuku untuk digosokkan pada bagian bawah kuku.

4. Membersihkan Kaki

Bau kaki tidak sedap bisa disebabkan oleh bakteri yang menumpuk di kaos kaki. Bau itu akan mengganggu kenyamanan orang sekitar Anda. Cara menjaga kebersihan diri ini dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Cuci kaki rutin dan mengeringkannya pakai tissue
  • Ganti kaos kaki setiap hari
  • Gunakan kaos kaki yang bersih dan kering

Ketiga cara ini harus dilakukan dengan rutin agar kebersihan kaki selalu terjaga.

5. Mandi setiap hari

Mandi bertujuan untuk membuang bakteri yang menempel setelah seharian beraktivitas. Mandi menjadai salah satu cara menjaga kebersihan diri yang penting apalagi bagi masyrakat yang tinggal di Indonesia karena negara tropis.

Sunscreen adalah salah satu jenis skin care yang wajib ada sat ingin melakukan cara menjaga kelembaban kulit wajah. Sunscreen cocok digunakan di luar maupun di dalam ruangan.

Panas terik menimbulkan penumpukan bakteri di badan. Dengan mandi maka sel-sel kulit mati, bakteri, dan minyak pada kulit akan terangkat. Manfaat mandi itu akan terasa ketika Anda benar-benar membersihkan badan dengan baik. Sela-sela tubuh harus digosok agar tidak menimbulkan bau.

Idealnya, mandi dilakukan 2 kali sehari. Itu akan memberishkan badan dengan menyeluruh.

6. Menjaga kebersihan rambut

Cara menjaga kebersihan diri ini justru tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Maka dari itu keramas 2 hari sekali sudah dinilai cukup.

Saat keramas, sampo harus mengenai seluruh bagian kulit kepala. Setelah itu, bilas dan keringkan dengan menggosoknya perlahan agar tidak rontok. Angin-angin rambut agar dapat kering secara alami.

7. Menjaga kebersihan hidung

Meskipun sudah dilengkapi bulu namun hidung menjadi rawan bakteri tertumpuk. Bakteri yang menumpuk dihidung membuat virus menjadi tidak tersaring dengan baik dan menyebabkan beberapa penyakit. Dengan demikian bersihkanlah hidung Anda dengan cara-cara yang berikut ini:

  • Rebus air dan biarkanlah hingga mendingin
  • Hirup air tersebut dengan hidung
  • Hembuskan udara dari hidung beberapa kali untuk membuang kotoran serta lendir di dalamnya.

8. Jaga kebersihan telinga

Telinga jadi bagian tubuh yang tidak luput dari kotoran dan bakteri. Jika itu menumpuk maka akan enyubat lubang telinga dan menganggu pendengaran.

Cara menjaga kebersihan diri ini bisa menggunakan obat tetes telinga yang terkandung hidrogen peroksida. Kandungan hidrogen peroksida ini berguna untuk mengencerkan kotoran di telinga.

Jangan sesekali menggunakan cutton bud. Kapas diujung benda tersebut akan rawan tertinggal di dalam telinga. Ini bisa menyebabkan gangguan pendengaran dan luka yang mberujung infeksi.

9. Menggunakan deodoran

Keringat di badan tidak bisa sepenuhnya kita kendalikan. Namun yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan deodorant untuk mengurangi bau badan yang tidak sedap.

Gunakanlah deodorant setelah mandi. Penggunaan ini akan membuat badan terhindar dari bau keringat yang menyengat.

Jaga Kebersihan Dengan Menyiapkan Tissue

Tissue adalah alat yang menunjang Anda untuk menjaga kebersihan diri sendiri. Dengan tissue Anda bisa menyeka keringat, menghilangkan air sehabis cuci tangan, hingga menghilangkan kotoran-kotoran di tubuh Anda.

Tissue yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan diri adalah yang harus memiliki permukaan yang lembut. Ini bertujuan agar bisa digunakan untuk kulit yang sensitif.

Oleh karena itu tissue wajah adalah tisu yang baik untuk menjaga kebersihan diri.

Anda bisa menjadi reseller tisu plenty maupun see-u kami ataupun hanya ingin membeli tisu wajah Plenty dibawah ini

Pilihlah tissue wajah yang memiliki 2 ply dan 3 ply. Ketebalan itu akan meningkatkan kenyamanan saat digunakan.

See U dan Plenty adalah tissue wajah yang kami rekomendasikan untuk menjaga kebersihan diri. Anda juga bisa menjadi agen tisu atau reseller tisu plenty dan see-u.

Milikilah kedua tissue ini di toko online resmi kami dibawah ini:

 
  Referensi:
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 24 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer