Ganti Sekarang! Pengganti Daun Pisang yang Berfungsi Serupa



Masyarakat Indonesia masih menyukai hal-hal yang berkaitan dengan alam. Misalnya yaitu memanfaatkan daun pisang untuk membungkus makanan. Berjalannya waktu, kini telah hadir pengganti daun pisang untuk bungkus makanan.

Benda tersebut jadi solusi ditengah pencarian daun pisang yang semakin masiv untuk dijadikan sebagai pembungkus makanan. Jika ini dibiarkan maka pohon pisang tidak tumbuh dengan baik dan berangsur merusaknya.

Ya, membungkus makanan pakai daun pisang akan menghasilkan rasa alami yang bebas dari zat-zat berbahaya untuk makanan. Merujuk dari keunggulan itu, maka kami menghadirkan kertas nasi yang bermerek Cap Gajah.

Tidaj perlu khawatir, kertas nasi cap gajah bisa menggantikan fungsi daun pisang untuk beberapa hal.

Inilah peran kertas nasi Cap Gajah untuk pengganti daun pisang.

1. Pengganti Daun Pisang untuk Bungkus Makanan

Fungsi ini sudah awam dolakukan oleh para pedagang nasi di Indonesia telatnya si area perkotaan. Hal itu didoronhg dari kesulitan mereka sat mendaptkn daun pisang untuk membungkus dagangannya.

Pemilihan kertas nasi untuk pengganti daun pisang ini menjadi pilihan yang menguntungkan bagi pedagang.

Di setiap pembelian, mereka langsung mendapatkan ratusan lembar kertas nasi. Dengan demikian mereka tidak perlu khawatir lehabis saat sibuk melayani pembeli.

Bahkan jika Anda memilih merek keetas nasi yang tepat, justru itu akan membantu Anda untuk menjaga lingkungan karena menghindari oenambahan tumpukan sampah. Maka dari itu, bacalah artikel tentang pengganti daun pisang ini untuk menemukan merek kertas nasi yang kami maksudkan.

2. Membungkus Nasi

Fungsi kertas nasi cap gajah sebagai pengganti daun pisang adalah membungkus nasi saja. Berbeda dari fungsi yang sebelumnya, fungsi ini merujuk kepada membungkus nasinya saja.

Meskipun sekilas mirip dengan fungsi yang sebelumnya akan tetapi jenis kertas nasi cap gajah untuk hal ini adalah berbeda.

Laminated Machines Glazed (LMG) adalah pengganti daun pisang yang berguna untuk membungkus nasi ala restoran cepat saji.

Sebagai pengganti daun pisang, LMG Cap Gajah mampu menjaga suhu yang hangat untuk nasi. Dengan demikian nasi yang dibungkus tidak cepat kering.

3. Untuk Alas Makanan

Fungsi kertas nasi cap gajah ini bisa dilakukan dengan cara meletakkannya di atas piring. Baik daun pisang atau kertas nasi, keduanya sama-sama baik untuk dijadikan sebagai alas makanan.

Penerapan fungsi ini salah satunya adalah ketika Anda mengunjungi pedagang yang menjual mie aceh. Salah satu makanan khas Kota Aceh ini berbentuk sedikit berkuah. Dengan tekstur seperti itu maka diperlukan alas daun pisang atau kertas nasi cap gajah.

Mie aceh lebih nikmat jika disajikan saat panas. Oleh karena itu fungsi kertas cap gajah sebagai pengganti daun pisang adalah untuk mwngurangi perasaan panas di piring.

Selain itu, fungsi daun pisang di hidangan mie aceh adalah untuk mengurangi kontaminasi residu dsri sabun cuci piring. Resudu tersebut kemungkinan akan menempel pada piring-piring tersebut selagi sudah sering di cuci.

Produk Kertas Nasi Cap Gajah

Di atas, kami sudah menginformasikan bahwa kertas nasi cap gajah adalah pengganti daun pisang yang terbaik. Dari ketiga fungsi diatas, sesuaikanlah dengan dua produk kertas nasi cap gajah.

Produk pertama adalah Laminated Wrapping Kraft (LWK) atau kertas nasi coklat. LWK Cap Gajah punya banyak pilihan warna yaitu: merah, ungu muda, orange, hijau, merah muda, ungu tua, biru tua dan biru muda.

Dari warna-warna tersebut, kertas nasi biru mudah punya ukuran yang berbeda yaitu 25 cm x 34,6 cm.

Produk pengganti daun pisang lainnya yaitu Laminates Machined Glaze (LMG) atau kertas nasi putih. Cap gajah memiliki LMG dengan dua pilihan warna kemasan dan ukurannya:

  1. MG Paper Hijau Muda (25 cm x 27 cm)
  2. MG Paper Coklat (22 cm x 27 cm)

Keuntungan Kertas Nasi Cap Gajah

Setelah Anda mengetahui bahkan fungsi kertas nasi cap gajah sama seperti daun pisang, lengkapi pengetahuan Anda tentang keuntungan yang ditawarkan oleh kertas nasi cap gajah berikut ini:

1.  Berteknologi Oxium

Saat Anda membeli kertas nasi cap gajah, Anda akan menemukan tulisan Oxium pada kemasan tersebut. Hal itu menjadi penanda bahwa keuntungan kertas nasi cap gajah yang pertama adalah karena adanya Oxium di setiap lembar kertas nasi kami.

Oxium ada di dua jenis kertas nasi kami yaitu berjenis Laminated Wrapping Kraft (LWK) atau kertas nasi coklat dan Laminated Machine Glazed (LMG) atau kertas nasi putih.

Menurut Akbar Hanif Dawam Abdullah selaku Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Oxium ditambahkan oleh senyawa tertentu yang membuat kertas nasi bisa hancur.

Oxium di kertas nasi cap gajah akan bekerja sebagai prooksidan dalam plastik. Senyawa tersebut membuat penuaan plastik yang dibantu oleh oksigen, sinar matahari dan UV dalam proses yang dinamakan Proses Oksidasi.

Dengan demikian Keunggulan kertas nasi cap gajah ini membuat Anda mengurangi penyumbangan sampah yang semakin menumpuk. Menurut Akbar Hanif Dawam Abdullah bahwa penambahakan Oxium ini membuat kertas nasi cap gajah ini bisa hancur dalam waktu lima tahun.

Jadi jangan lihat dari lamanya waktu saja tapi lihatlah keunggulan kertas nasi cap gajah dari kemampuannya dalam hancur. Bayangkan jika kertas nasi tidak akan pernah bisa hancur. Mungkin anak cucu kita sudah tidak lagi merasakan ekosistem yang nyaman akibat tumpukan sampah.

2. Biodegradable: Keunggulan Kertas Nasi Cap Gajah yang Ramah Lingkungan

Kami yakin kemudahan kertas nasi yang hancur saja tidak membuat ekosistem kita terbebbas dari rantai polimer. Bisa jadi partikel-partikel plastik tersebut ada karena hancurnya plastik ataupun kertas nasi yang hanya mengandung Oxium saja. Karena kekhawatiran tersebut kami menambahkan biodegradable pada kertas nasi LWK dan LMG cap Gajah.

Kandungan biodegradble di kertas nasi cap gajah membuatnya menjadi mudah terturai. Berbeda dengan kandungan Oxium yang hanya hancur, bantuan biodegradable membuat kertas nasi cap gajah menjadi mudah terturai menjadi CO2 dan H2O. Penguraian tersebut menjadikan kertas nasi cap gajah "kembali ke alam" tanpa meninggalkan zat-zat kimia yang berpengaruh pada ekosistem lingkungan.

Biodegradable mengurai kertas nasi cap gajah dengan cepat dan alami. Oleh karena itu dampak kertas nasi tidak lagi menimbulkan kerusakan lingkungan.

3. Tahan Panas

Kami mengerti bahwa nasi yang dibungkus akan lebih nikmat jika dalam kondisi yang masih panas. Tidak hanya itu, apapun kondisi makanan yang masih hangat hingga panas membuat makanan menjadi lebih nikmat saat dinikmati. Dengan demikian kam hadirkan kertas nasi cap gajah yang tahan panas.

Kertas nasi kami dilapisi oleh plastik yang aman dengan kondisi panas. Oleh karena itu LWK dan LMG bisa digunakan untuk makanan yang panas. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk melapisi makanan yang panas.

4. Tahan Minyak

Meskipun dilapisi dengan plastik, namun kita pasti menemukan kertas nasi yang tidak mampu menahan minyak. Hal itu bisa terlihat dari adanya bentuk bentuk bulat yang membasahi bagian bawah dari kertas nasi coklat. Bagi kertas nasi yang tidak mampu menahan minyak, itu akan membuatnya akan bocor dan makanannya pun jadi terurai.

Itu tidak akan Anda rasakan jika menggunakan kertas minyak cap gajah. Dengan bahan bahan yang berkualitas dan melalui pengujian yang panjang membuat kami yakin bahwa kertas LWK dan LMG kami tahan terhadap minyak.

Gantilah Daun Pisang dengan Kertas Nasi Cap Gajah Sekarang Juga!

Jangan ragu, jangn bimbang. Kertas nasi cap gajah sudah pasti aman untuk digunakan untuk pengganti aun pisang.

Keempat fungsi di atas dengan mudah dilakukan oleh LWK dan LMG Cap Gajah. Jadi, buktikan dan rasakan keuntungan kertas nasi cap gajah saat menggantikan daun pisang sekarang juga!

Referensi:

https://food.detik.com/info-kuliner/d-6160389/ini-sebabnya-makanan-dibungkus-daun-pisang-tak-cepat-basi



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 19 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer